Jumat, 01 Juli 2011

TRANSMISI

Transmisi adalah suatu alat untuk meneruskan tenaga dari poros satu ke poros yang lain dan dibantu dengan alat yang sesuai kebutuhan , misal alat itu rantai, sabuk dll.Transmisi dengan elemen mesin yang luwes dapat digolongkan atas transmisi sabuk, transmisi rantai, dan transmisi kabel atau tali. Dari macam – macam tansmisi tersebut. Kabel atau tali hanya dipakai untuk maksud khusus. Transmisi sabuk dapat dibagi atas tiga kelompok yaitu:
a.       Kelompok yang pertama : sabuk rata dipasang pada puli silinder dan meneruskan momen antara  dua poros yang jaraknya dapat sampai 10 (m) dengan perbandingan putaran antara 1/1 sampai 6/1.  
b.      Kelompok yang kedua : sabuk dengan penampang trapesium dipasang pada puli dengan alur dan meneruskan momen antara dua poros yang jaraknya dapat sampai 5 (m) dengan perbandingan putaran antara 1/1 sampai 7/1 .
c.        Kelompok yang ketiga  sabuk dengan gigi yang digerakkan dengan sproket  pada jarak pusat sampai mencapai 2 (m), dan meneruskan putaran secara tepat dengan perbandingan antara 1/1 sampai 6/1.
Sebagian besar transmisi sabuk menggunakan sabuk – V karena mudah penanganannya dan harganyapun murah. Kecepatan sabuk direncanakan untuk 10 sampai 20 (m/s) pada umumnya, dan maksimum sampai 25 (m/s). Daya maksimum yang dapat ditransmisikan kurang lebih sampai 500 (kw).

Macam – macam Transmisi
Secara umum transmisi di bedakan menjadi 2 yaitu :
    1. Transmisi langsung
Sistem ini sering disebut  dengan transmisi roda gigi, karena cara kerjanya kontak secara langsung antara elemen poros penggerak dengan yang digerakan.
Adapun kelebihan dan kelemahan pada transmisi ini di antaranya:
a.         kelebihan
-       tidak terjadi slip
-       dapat memindahkan daya yang besar
-       dapat digunakan untuk putaran tinggi dan tepat
-       ringkas tidak memerlukan tempat yang luas
-       dapat memindahkan daya dengan putaran stabil
b.         kelemahan
-       perlu ketelitian tinggi dalam perencanaannya, sampai perawatannya.
-       Biaya pembuatan yang cukup mahal.

    1. Transmisi Tak Langsung
Pada transmisi ini tidak terjadi kontak elemen poros dengan poros yang digerakkan melainkan melalui elemen suatu transmisi yang menghubungkan kedua poros. Transmisi ini digunakan jika kedua poros letaknya saling berjauhan.
                      Adapun kelebihan dan kelemahan pada transmisi ini di antaranya:
a.            kelebihan
-       dapat meneruskan daya antara poros yang berjauhan
-       tidak perlu ketelitian yang tinggi dalam perencanaan
-       biaya pembuatan dan perewatannya cukup murah
b.           Kelemahan
-       memerlukan tempat yang lebih luas
-       lebih sering terjadi slip
-       tidak dapat digunakan dengan putaran tinggi
Transmisi Sabuk – V
Sabuk – V terbuat dari karet dan mempunyai penampang trapesium. Tenunan tetoron atau semacamnya dipergunakan sebagai inti sabuk untuk membawa tarikan yang besar. Sabuk – V dibelitkan disekeliling alur puli yang berbentuk V pula. Bagian sabuk yang sedang membelit pada puli mengalami lengkungan sehingga lebar bagian dalamnya akan bertambah besar. Gaya gesekan juga akan bertambah karena pengaruh bentuk baji, yang akan menghasilkan transmisi daya yang besar pada tegangan yang relatif rendah. Hal ini merupakan salah satu keunggulan sabuk – V dibandingkan dengan sabuk yang lain. 

0 komentar:

Posting Komentar